Google Inc. adalah sebuah perusahaan
multinasional Amerika Serikat yang berkekhususan pada jasa dan produk Internet. Produk-produk tersebut meliputi teknologi
pencarian,
komputasi web,
perangkat lunak, dan
periklanan daring.
[6] Sebagian besar labanya berasal dari
AdWords.
[7][8]
Google didirikan oleh
Larry Page dan
Sergey Brin saat masih mahasiswa
Ph.D. di
Universitas Stanford. Mereka berdua memegang 16 persen saham perusahaan. Mereka menjadikan Google perusahaan swasta pada tanggal 4 September 1998.
Pernyataan misinya adalah "mengumpulkan informasi dunia dan membuatnya dapat diakses dan bermanfaat oleh semua orang",
[9] dan slogan tidak resminya adalah "
Don't be evil".
[10][11] Pada tahun 2006, kantor pusat Google pindah ke
Mountain View, California.
Sejak didirikan, pertumbuhan perusahaan yang cepat telah menghasilkan berbagai produk,
akuisisi, dan kerja sama di bidang
mesin pencari inti Google. Perusahaan ini menawarkan
perangkat lunak produktivitas daring (dalam jaringan), termasuk
surat elektronik (surel),
paket aplikasi perkantoran, dan
jejaring sosial. Produk-produk
komputer mejanya meliputi aplikasi untuk menjelajah web, mengatur dan
menyunting foto, dan
pesan instan. Perusahaan ini memprakarsai pengembangan
sistem operasi Android untuk telepon genggam dan
Google Chrome OS[12] untuk jajaran
netbook Chromebook.
Google sudah beralih ke perangkat keras komunikasi. Mereka bekerja sama
dengan berbagai produsen elektronik besar untuk memproduksi perangkat
Nexus-nya dan mengakuisisi
Motorola Mobility pada Mei 2012.
[13] Tahun 2012, infrastruktur serat optik dipasang di
Kansas untuk memfasilitasi layanan Internet pita lebar
Google Fiber.
[14]
Perusahaan ini diperkirakan mengoperasikan lebih dari satu juta server di beberapa pusat data di seluruh dunia
[15] dan memproses lebih dari satu miliar kueri pencarian
[16] dan sekitar 24
petabita data buatan pengguna setiap harinya.
[17][18][19][20] Pada bulan Desember 2012,
Alexa
menyebut google.com sebagai situs web paling banyak dikunjungi di
dunia. Situs-situs Google dalam bahasa lain masuk peringkat 100 teratas,
sebagaimana halnya situs milik Google seperti
YouTube dan
Blogger.
[21] Google menempati peringkat kedua di basis data ekuitas merek
BrandZ.
[22] Dominasi pasarnya menuai
kritik mengenai
hak cipta,
penyensoran, dan
privasi.
[23][24]. Pada tahun 2014, Google juga mendapat penghargaaan dari
Business Insider sebagai perusahaan yang memiliki merk paling bernilai.
Tampilan Google pada tahun 1998.
Antarmuka Gmail, layanan surat elektronik Google, dalam bahasa Indonesia dengan format HTML.
Google telah membuat layanan dan peralatan untuk lingkungan bisnis
dan masyarakat; termasuk aplikasi web, jaringan periklanan dan solusi
bagi bisnis.
Periklanan
- Google Adsense - Suatu jasa penawaran iklan
kepada pemilik web, dimana iklan tersebut akan dapat ditampilkan pada
halaman web yang relevan dengan kata kunci dari iklan tersebut.
- Google Adwords - Suatu jasa pengiklanan oleh Google, dimana iklan yang tampil hanya iklan yang relevan dengan konten dari halaman web.
Kebanyakan dari pendapatan Google berasal dari program periklanan.
Untuk keuangan tahun 2006, perusahaan ini dilaporkan mendapat jumlah
keuntungan periklanan sebesar $10,492 miliar dan hanya $112 juta pada
pendapatan lisensi dan lainnya.
[26]
Google
AdWords
membolehkan pengiklan web menampilkan iklannya dalam hasil pencarian
Google dan Google Content Network, melalui sebuah sistem bayar-per-klik
atau bayar-per-lihat. Pemilik website Google
AdSense juga dapat menampilkan iklannya di situs mereka sendiri, dan mendapat untung setiap kali iklan diklik.
Aplikasi Pencarian
- Google Search - Google dikenal luas karena layanan pencarian webnya, yang mana merupakan sebuah faktor besar dari kesuksesan perusahaan ini. Pada Agustus 2007, Google merupakan mesin pencari di web yang paling sering digunakan dengan pangsa pasar sebanyak 53,6%, kemudian Yahoo! (19,9%) dan Live Search (12,9%).[27] Google memiliki miliaran halaman web, sehingga pengguna dapat mencari informasi yang mereka inginkan, melalui penggunaan kata kunci dan operator. Google juga telah menggunakan teknologi Pencarian Web pada layanan pencarian lainnya, termasuk, Pencarian Gambar, Google News, situs perbandingan harga Google Product Search, arsip Usenet interaktif Google Groups, Google Maps dan lainnya.
- Google Maps - Layanan untuk melihat peta pada aplikasi mobile, dan juga tersedia untuk komputer personal.
- Google Earth - Layanan dari Google untuk melihat peta Bumi.
Merupakan sebuah program pemetaan interaktif yang disediakan oleh
satelit dan fotografi udara yang mencakup keseluruhan planet Bumi.
Google Earth dianggap sangat akurat dan lebih mendetail.
Beberapa kota besar memiliki gambar jelas yang dapat dibesarkan
sedekat-dekatnya untuk melihat kendaraan dan pejalan kaki dengan jelas.
Akibatnya, terdapat beberapa alasan mengenai keterlibatan dalam keamanan
nasional. Secara spesifik, beberapa negara dan militer beranggapan
perangkat lunak ini dapat digunakan untuk melihat dengan kejelasan
dekat-jelas lokasi fisik infrastruktur yang rusak, bangunan komersial
dan penghunian, pangkalan, agensi pemerintah, dan lainnya. Bagaimanapun,
gambar satelit jarang diperbarui, dan semuanya tersedia gratis melalui
produk lainnya dan bahkan sumber pemerintah (
NASA dan
National Geospatial-Intelligence Agency,
sebagai contoh). Beberapa orang menilai argumen ini dengan menyatakan
bahwa Google Earth mudah diakses juga saat mencari lokasi.
- Google Books - Layanan dari Google untuk melihat dan mencari buku.
Komunikasi
- Gmail - Pada tahun 2004, Google meluncurkan layanan email berbasis web gratisnya, disebut sebagai Gmail.[28] Gmail memiliki fitur teknologi penyaringan spam dan kemampuan untuk menggunakan teknologi Google untuk mencari surel. Layanan ini mendatangkan keuntungan dengan menampilkan iklan dari layanan AdWords yang dimasukkan dalam isi pesan email yang ditampilkan di layar.
- Google Drive - Layanan dari Google untuk menyimpan data, yang terhubung dengan layanan Google Docs.
- Google Docs - Layanan dari Google untuk menyimpan dokumen-dokumen.
- Google Chrome - Google juga meluncurkan Google Chrome yaitu sebuah browser. Browser ini cukup cepat dan tampilannya minimalis. Pada September 2008 Google melepaskan kode untuk Google melalui project Chromium, dimana sampai sekarang Google Chrome masih berbasiskan Chromium.
Google Chrome dilengkapi dengan fitur keamanan yang baik, dimana
Google Chrome akan memperingati pengguna yang mengakses situs yang ada
dalam daftar hitam Google. Selain itu, Google Chrome juga membedakan
proses yang berjalan pada satu tab dengan proses pada tab lainnya,
sehingga meningkatkan kemudahan pengguna, serta meningkatkan
reliabilitas dari Google Chrome.
Telepon Genggam
Tahun 2007, beberapa laporan menyatakan bahwa Google merencanakan
peluncuran telepon genggam milik mereka, kemungkinan sebuah pesaing bagi
iPhone Apple.
[29][30][31] Pada 5 November 2007, Google akhirnya mengumumkan
Android, sebuah
platform perangkat lunak dan
sistem operasi bagi perangkat bergerak yang didukung
Open Handset Alliance,
sebuah konsorsium yang terdiri dari 34 perusahaan perangkat lunak,
perangkat keras, dan telekomunikasi yang bertujuan mengembangkan
standar terbuka bagi perangkat bergerak. Pada bulan September 2008,
T-Mobile merilis ponsel pertama yang berjalan pada platform
Android, yakni
G1.
Saat ini Google juga sedang merencanakan untuk mengembangkan piranti
komunikasi Google Tablet, yang dilengkapi dengan teknologi 3D.
[32]
Hiburan
- Google Video - Pada awal 2006, perusahaan ini meluncurkan Google Video,
yang tidak hanya membolehkan pengguna untuk mencari dan melihat video
secara gratis, tetapi juga membolehkan pengguna dan penyebar media
menyebarkan isinya, termasuk acara-acara televisi CBS, pertandingan basket NBA, dan video musik.[33]
Bulan Agustus 2007, Google mengumumkan bahwa mereka akan menghentikan
program penyewaan dan penjualan videonya dan menawarkan pengembalian
uang dan kredit Google Checkout bagi pengguna yang telah membeli video untuk sendiri.
Lainnya
- Google Analytics - Sebuah layanan yang berisikan peralatan bagi para webmaster untuk menganalisis pengguna web nya.
- Google SMS - Bulan Oktober 2007,
layanan Google SMS diluncurkan di India dan membolehkan pengguna
memperoleh daftar bisnis, jadwal pemutaran film dan informasi dengan
mengirim pesan singkat.[34]
Promosi Produk Google
Google telah mempromosikan produk mereka dalam berbagai cara. Di
London,
Google Space didirikan di
Bandar Udara Heathrow, menampilkan berbagai produk, termasuk Gmail, Google Earth dan Picasa.
[35][36] Juga, sebuah halaman yang sama diluncurkan untuk mahasiswa Amerika, dibawah nama
College Life, Powered by Google.[37]
Produk turunan
Tahun 2007, Google meluncurkan
Google Apps Premier Edition,
sebuah versi lain Google Apps yang difokuskan terutama pada pengguna
bisnis. Produk ini memiliki beberapa tambahan seperti ruang disk lebih
banyak untuk e-mail, akses API, dan penyokong utama, dengan harga USD50
per pengguna per tahun. Sebuah pertemuan besar Google Apps dengan 38.000
pengguna dilaksanakan di Universitas Lakehead di Thunder Bay, Ontario,
Kanada.
[38]
Pada 13 Desember 2007, Google mengumumkan peluncuran terbatas
Knol,
sebuah situs web yang ditujukan sebagai sumber referensi pengetahuan.
Knol dibuka bebas kepada semua pengguna pada 23 Juli 2008.
Platform
Layanan Google berjalan pada beberapa
ladang server, setiap ladang berisi ribuan komputer komoditas bertarif rendah yang menjalankan versi
Linux.
Sementara perusahaan ini tidak menyediakan informasi mendetail mengenai
perangkat kerasnya, sebuah perhitungan tahun 2006 menyatakan bahwa
terdapat 450.000 server, dikelompokkan dan diletakkan di pusat data di
seluruh dunia.
[39]
Kebiasaan dan Budaya Perusahaan
Google dikenal dengan etos kerjanya yang santai, yang mengingatkan kepada
musim Dot-com. Bulan Januari 2007, budaya Google tersebut dipelajari oleh
Fortune Magazine dan menempati urutan #1 (dari 100) perusahaan terbaik untuk bekerja.
[40]
Filosofi perusahaan ini didasarkan pada berbagai prinsip biasa seperti,
"Anda dapat menghasilkan uang tanpa melakukan vandal", "Anda dapat
bekerja serius tanpa mengenakan seragam," dan "Bekerja harusnya
menantang dan tantangan itu harusnya menyenangkan." Sebuah daftar
lengkap fundamental perusahaan tersedia di website-nya.
[41] Budaya bekerja santai Google dapat dilihat dari
logo Google-nya yang bervariasi pada hari-hari penting.
Google telah dikritik karena melakukan penggajian di bawah standar industri
[42]. Contohnya, beberapa
administrator sistem digaji kurang dari $35.000 per tahun – dianggap kurang untuk pasaran kerja
Bay Area.
[43] Bagaimanapun, performa saham Google setelah
IPO telah membolehkan banyak karyawan awal diberi ganti rugi dengan berpartisipasi dalam pertumbuhan kekayaan perusahaan.
[44] Google mengimplementasikan insentif karyawan lainnya tahun 2005, seperti
Google Founders' Award,
dengan tambahan untuk memberikan gaji besar kepada karyawan baru.
Kenyamanan, budaya, popularitas global, dan penghargaan terhadap merek
kuatnya juga telah menarik banyak pelamar kerja yang berpotensi.
Setelah
IPO pada Agustus 2004, dilaporkan bahwa pendiri
Sergey Brin dan
Larry Page, dan CEO
Eric Schmidt, meminta bahwa gaji mereka dipotong menjadi $1.
[45]
Penawaran yang akan datang oleh perusahaan untuk meningkatkan gaji
mereka telah dibatalkan, terutama karena, "ganti rugi utama mereka akan
datang dari pengembalian kepemilikan saham di Google. Sebagai pemegang
saham signifikan, kekayaan masing-masing dikaitkan secara langsung untuk
menyeimbangkan performa dan apresiasi harga saham, yang menyediakan
persilangan langsung dengan ketertarikan pemegang saham."
[45] Tahun 2004, Schmidt digaji $250.000 per tahun, dan Page dan Brin masing-masing digaji $150.000.
[45]
Mereka semua telah menolak penawaran bonus dan peningkatan ganti rugi
oleh dewan direktur Google. Pada laporan orang terkaya Amerika Serikat
tahun 2007,
Forbes melaporkan bahwa
Sergey Brin dan
Larry Page menempati urutan #5 dengan kekayaan $18,5 miliar masing-masing.
[46]
Googleplex
Sambil bermain-main dengan nama Google, kantornya, di Mountain View, California, diberi nama "
Googleplex" — sebuah
googolplex yaitu 1 diikuti seratus nol, dan kantor tersebut menjadi sebuah
komplek bangunan (semacam
multiplex, cineplex, dll). Lobinya didekorasi dengan
piano,
lampu lava, kumpulan server lama, dan proyeksi tanda tanya di dinding. Lorongnya penuh dengan bola dan
sepeda
latihan. Setiap karyawan memiliki akses menuju pusat hiburan kantor.
Kebutuhan yang disediakan tersebar di seluruh kampus dan termasuk sebuah
gimnasium dengan alat-alat olahraga, ruang loker, kamar mandi, ruang
pijat,
permainan video,
Foosball,
anak piano besar, meja bilyar, dan
ping pong. Dengan tambahan menuju
ruang rekreasi, terdapat ruang makan terisi berbagai
sereal,
permen beruang,
gula-gula,
permen hitam,
kacang mede,
yogurt,
wortel, buah-buahan segar, dan lusinan minuman seperti
jus segar,
soda, dan
cappuccino buatan sendiri.
[butuh rujukan]
Papan letak di Googleplex
Tahun 2006, Google berpindah ke perkantoran seluas 28.900 m² di
New York City, tepatnya 111
Eighth Ave. di Manhattan.
[47]
Kantor tersebut dirancang dan dibangun khusus untuk Google dan
merumahkan tim penjualan iklan terbesarnya yang telah berperan dalam
menjaga kerjasama besar, terutama dengan
MySpace dan
AOL.
[47]
Tahun 2003, mereka menambah seorang petugas pengembangan di New York
City, yang telah bertanggung jawab untuk lebih dari 100 proyek
pengembangan, termasuk
Google Maps,
Google Spreadsheet, dan lainnya.
[47]
Diperkirakan bahwa bangunan tersebut menguras biaya $10 juta per tahun
untuk sewa dan bentuk juga fungsinya sama dengan kantor di
Mountain View, termasuk Foosball, hoki udara, dan meja ping-pong, juga area permainan video.
[47] Pada tahun
2006, Google juga meresmikan kantor baru untuk divisi AdWords-nya di
Ann Arbor, Michigan.
[48]
Ukuran sistem pencarian Google belum diketahui; perkiraan jumlah
server perusahaan adalah 450.000, yang tersebar di 25 lokasi di seluruh
dunia, termasuk
pusat operasi besar di
Irlandia dan
Atlanta, Georgia. Google juga sedang dalam proses pembangunan pusat operasi besar di
The Dalles, Oregon, di tepi
Sungai Columbia. Situs tersebut, disebut media sebagai
Project 02, dipilih karena ketersediaan
tenaga hidroelektrik dan stok kabel
fiber optik besar, yang ditinggalkan sejak musim dot com pada tahun 1990-an. Pusat komputasi ini diperkirakan seluas dua
lapangan sepak bola,
dan telah menghasilkan ratusan lapangan kerja konstruksi, mengakibatkan
harga real estat lokal meningkat 40%. Setelah selesai, bangunan ini
akan menghasilkan 60 hingga 200 lapangan kerja permanen di kota
berpenduduk 12.000 orang itu.
[49]
Google juga membuat langkah untuk menjamin operasi mereka ramah
lingkungan. Bulan Oktober 2006, perusahaan ini mengumumkan rencana untuk
memasang ribuan
panel solar untuk menyediakan 1,6
megawatt listrik, cukup untuk memenuhi 30% kebutuhan energi kampus.
[50] Sistem ini akan menjadi sistem tenaga solar terbesar di kampus perusahaan
AS dan salah satu yang terbesar di dunia. Bulan Juni 2007, Google mengumumkan bahwa mereka berencana untuk berstatus
bebas karbon
pada 2008, yang mencakup berinvestasi pada efisiensi energi, sumber
energi yang diperbarui, dan tidak menggunakan karbon, seperti
berinvestasi di proyek seperti mengumpulkan dan membakar
metana dari kotoran hewan di pertanian-pertanian Meksiko dan Brazil.
[51]
"Dua puluh persen" waktu
Semua pengembang Google menyisakan 20% waktu kerja mereka (sehari per
minggu) pada proyek yang menarik mereka. Beberapa layanan baru Google,
seperti
Gmail,
Google News,
Orkut, dan
AdSense berasal dari para pengembang independen ini.
[52] Dalam pembicaraan di
Universitas Stanford,
Marissa Mayer,
Wakil Presiden Google untuk Produk Pencarian dan Kepuasan Pengguna,
menyatakan bahwa analisisnya menunjukkan bahwa setengah dari produk baru
yang diluncurkan berasal dari 20% waktu tersebut.
[53]
Telur paskah dan lawakan Hari April Mop
Google memiliki sebuah tradisi untuk membuat lawakan
Hari April Mop — seperti
Google MentalPlex, yang memiliki fitur penggunaan kekuatan mental untuk mencari web.
[54] Tahun 2002, mereka mengklaim bahwa
merpati merupakan
rahasia di belakang
mesin pencarinya yang berkembang itu.
[55] Tahun 2004, mereka meluncurkan
Google Lunar (yang diklaim untuk menghasilkan lowongan pekerjaan di
bulan),
[56] dan tahun 2005, sebuah minuman
fiksi perangsang otak, bernama
Google Gulp diluncurkan.
[57] Tahun 2006, mereka datang dengan
Google Romance, sebuah layanan
kencan online.
[58]
Tahun 2007, Google mengumumkan dua produk lawakan. Pertama adalah sebuah layanan Internet nirkabel gratis disebut
TiSP (Toilet Internet Service Provider)
[59] dimana seseorang memperoleh koneksi dengan menyiram ujung kabel
fiber optik ke toilet mereka dan menunggu sekitar sejam untuk "Plumbing Hardware Dispatcher (PHD)" untuk menghubungkannya dengan Internet.
[59] Tambahannya, halaman
Gmail Google menampilkan pengumuman untuk
Gmail Paper,
yang membolehkan pengguna layanan email gratis mereka tersebut mendapat
pesan email-nya diterbitkan dan dikirim menuju alamat surat yang
dituju.
[60]
Beberapa orang mengira pengumuman Gmail tahun 2004 sekitar Hari April
Mop (juga penggandaan ruang penyimpanan Gmail menjadi dua gigabita pada
2005) bohong, meskipun keduanya berubah menjadi pengumuman asli. Tahun
2005, sebuah grafik bohong menyatakan keberhasilan Google untuk
penyimpanan "tidak terbatas plus satu" GB ditampilkan dalam homepage
Gmail.
Layanan Google berisi sejumlah
telur Paskah; contohnya, halaman Peralatan Bahasa menawarkan pencarian dengan bahasa "Bork bork bork" dari
Koki Swedia, "Hacker" (sebenarnya
leet) dari
Pig Latin,
Elmer Fudd, dan
Klingon.
[61] Dengan tambahan, kalkulator mesin pencari ini menyediakan
Answer to Life, the Universe, and Everything dari
The Hitchhiker Guide to the Galaxy oleh
Douglas Adams.
[62]
Sementara kotak pencarian Google dapat digunakan sebagai penukar satuan
(juga sebagai kalkulator), beberapa satuan non-standar juga dimasukkan,
seperti
Smoot. Google juga secara rutin mengubah logonya dengan berbagai variasi liburan atau hari khusus sepanjang tahun, seperti
Natal,
Hari Ibu, atau
ulang tahun sejumlah orang terkenal.
[63]
IPO dan Budaya
Banyak orang berspekulasi bahwa
IPO Google dapat memengaruhi budaya perusahaan,
[64]
karena tekanan pemegang saham untuk pengurangan keuntungan karyawan dan
jangka-pendek, atau karena jumlah karyawan perusahaan yang besar dapat
menjadi milyuner mendadak. Salam sebuah laporan yang diberikan kepada
investor berpotensi, pendiri Sergey Brin dan Larry Page berjanji bahwa
IPO tersebut tidak akan mengubah budaya perusahaan.
[65]
Kemudian Page berkata, "Kami berpikir mengenai bagaimana mempertahankan
budaya dan elemen menyenangkan kami. Kami membuang banyak waktu untuk
membetulkan kantor kami. Kami berpikir penting untuk memiliki banyak
karyawan. Orang-orang dikumpulkan bersama di mana-mana. Kami semua
berbagi kantor. Kami menyukai kumpulan bangunan ini karena terlihat
seperti kampus universitas yang disatukan daripada sebuah taman
perkantoran pinggiran kota biasa."
[66]
Bagaimanapun, beberapa penganalis menemukan bahwa seiring Google
tumbuh, perusahaan ini makin menjadi "korporat". Tahun 2005, artikel di
The New York Times dan sumber lainnya menyatakan bahwa Google telah kehilangan anti-korporatnya, tanpa filosofi asal
[67][68][69]
Dengan maksud untuk memepertahankan budaya unik perusahaan, Google
telah menghasilkan seorang Chief Culture Officer pada 2006, yang juga
melayani sebagai Direktur Sumber Daya Manusia. Kerja Chief Culture
Officer adalah untuk membangun dan mempertahankan budaya dan kerja pada
jalan yang benar menuju hasil inti bahwa perusahaan ini didirikan pada
awalnya — sebuah perusahaan kecil, langkanya hirarki, sebuah lingkungan
yang kolaboratif.
[70]
Kritik
Sambil bertumbuh, Google telah menerima berbagai kontroversi yang
dikaitkan dengan praktik dan layanan bisnis mereka. Contohnya, tujuan
Google Book Search adalah untuk memasukkan jutaan buku dan menjadikannya mudah dicari telah memimpin pada penyalahgunaan
hak cipta dengan
Authors Guild. Masalah hak cipta lainnya adalah mengenai
Gmail di Inggris dan beberapa negara lainya. Sekarang, di berbagai belahan dunia, dikenal sebagai Google Mail.
Kerjasama Google dengan pemerintah
Cina, dan lebih jauh dengan
Perancis dan
Jerman (setelah
penolakan Holocaust) untuk menyaring hasil pencarian berdasarkan hukum dan regulasi daerah yang memimpin kepada klaim
penyensoran.
Cookie Google dan praktik pengumpulan informasi lainnya telah memimpin kepada masalah mengenai
privasi pengguna.
Beberapa pemerintah daerah
India telah membicarakan masalah mengenai risiko keamanan yang ditampilkan oleh detail gambar yang disediakan oleh Google Earth.
[71] Google juga telah dikritik oleh pengiklan karena melakukan klik bayar,
ketika seseorang digunakan untuk melakukan pembayaran pada sebuah iklan
tanpa memiliki rasa ketertarikan terhadap produk tersebut. Laporan
industri tahun 2006 mengklaim bahwa sekitar 14 hingga 20 persen klik
merupakan pemaksaan bayar.
[72] Kritik terhadap Google juga terjadi ketika Google beserta penyelenggara game
freemium lainnya dituduh untuk melakukan promosi yang tidak tepat dan menyesatkan.
[73]
Facebook adalah sebuah
layanan jejaring sosial yang diluncurkan pada bulan Februari 2004, dimiliki dan dioperasikan oleh
Facebook, Inc.[6] Pada September 2012, Facebook memiliki lebih dari
satu miliar pengguna aktif,
[7] lebih dari separuhnya menggunakan
telepon genggam.
[8] Pengguna harus mendaftar sebelum dapat menggunakan situs ini. Setelah itu, pengguna dapat membuat
profil pribadi, menambahkan pengguna lain sebagai
teman,
dan bertukar pesan, termasuk pemberitahuan otomatis ketika mereka
memperbarui profilnya. Selain itu, pengguna dapat bergabung dengan grup
pengguna dengan ketertarikan yang sama, diurutkan berdasarkan tempat
kerja, sekolah atau perguruan tinggi, atau ciri khas lainnya, dan
mengelompokkan teman-teman mereka ke dalam daftar seperti "Rekan Kerja"
atau "Teman Dekat".
Facebook didirikan oleh
Mark Zuckerberg bersama teman sekamarnya dan sesama mahasiswa
Universitas Harvard,
Eduardo Saverin,
Andrew McCollum,
Dustin Moskovitz dan
Chris Hughes.
[9] Keanggotaan situs web ini awalnya terbatas untuk mahasiswa Harvard saja, kemudian diperluas ke perguruan lain di Boston,
Ivy League, dan
Universitas Stanford.
Situs ini secara perlahan membuka diri kepada mahasiswa di universitas
lain sebelum dibuka untuk siswa sekolah menengah atas, dan akhirnya
untuk setiap orang yang berusia minimal 13 tahun. Meski begitu, menurut
survei
Consumer Reports
bulan Mei 2011, ada 7,5 juta anak di bawah usia 13 tahun yang memiliki
akun Facebook dan 5 juta lainnya di bawah 10 tahun, sehingga melanggar
persyaratan layanan situs ini.
[10]
Studi
Compete.com bulan
Januari 2009
menempatkan Facebook sebagai layanan jejaring sosial yang paling banyak
digunakan menurut jumlah pengguna aktif bulanan di seluruh dunia.
[11] Entertainment Weekly menempatkannya di daftar "terbaik" akhir
dasawarsa
dengan komentar, "Bagaimana caranya kita menguntit mantan kekasih kita,
mengingat ulang tahun rekan kerja kita, mengganggu teman kita, dan
bermain
Scrabulous sebelum Facebook diciptakan?"
[12] Quantcast memperkirakan Facebook memiliki 138,9 juta pengunjung bulanan di AS pada Mei 2011.
[13] Menurut
Social Media Today pada April 2010, sekitar 41,6% penduduk Amerika Serikat memiliki akun Facebook.
[14]
Meski begitu, pertumbuhan pasar Facebook mulai turun di sejumlah
wilayah dengan hilangnya 7 juta pengguna aktif di Amerika Serikat dan
Kanada pada Mei 2011.
[15]
Nama layanan ini berasal dari
nama buku yang diberikan kepada mahasiswa pada tahun akademik pertama oleh beberapa pihak administrasi universitas di
Amerika Serikat
dengan tujuan membantu mahasiswa mengenal satu sama lain. Facebook
memungkinkan setiap orang berusia minimal 13 tahun menjadi pengguna
terdaftar di situs ini.
[16]
- 1 Sejarah
- 2 Perusahaan
- 3 Situs web
- 4 Penerimaan
- 5 Kritik
- 6 Dampak politik
- 7 Di media
- 8 Lihat pula
- 9 Catatan
- 10 Referensi
- 11 Pranala luar
Sejarah
Mark Zuckerberg menciptakan Facemash, pendahulu Facebook, tanggal 28 Oktober 2003 ketika berada di
Harvard sebagai
mahasiswa tahun kedua. Menurut
The Harvard Crimson, situs ini mirip dengan
Hot or Not,
dan menggunakan "foto yang diperoleh dari Facebook (buku wajah) daring
di sembilan asrama, menempatkan dua foto berdampingan pada satu waktu
dan meminta pengguna memilih yang mana yang paling seksi".
[17][18]
Mark Zuckerberg membantu menciptakan Facebook di kamar asramanya di
Harvard.
Untuk menyelesaikannya, Zuckerberg
meretas ke bagian jaringan komputer Harvard yang dilindungi dan menyalin gambar-gambar
ID pribadi asrama. Harvard pada waktu itu tidak memiliki "
buku wajah"
(direktori berisi foto dan informasi dasar) mahasiswa. Facemash menarik
450 pengunjung dan 22.000 tampilan foto pada empat jam pertama
mengudara.
[17][19]
Situs ini langsung diteruskan ke beberapa server grup kampus, namun
dimatikan beberapa hari kemudian oleh administrasi Harvard. Zuckerberg
dihukum karena menembus keamanan kampus, melanggar
hak cipta, dan melanggar privasi individu, dan terancam dikeluarkan. Namun, hukuman tersebut dibatalkan.
[20]
Zuckerberg memperluas proyek awalnya ini pada semester tersebut dengan
membuat peralatan studi sosial untuk menghadapi ujian final
sejarah seni, dengan mengunggah 500 lukisan
Augusta ke situs webnya, dengan satu gambar per halaman disertai kotak komentar.
[19] Ia membuka situs tersebut kepada teman sekelasnya, dan mereka mulai saling berbagi catatan.
Pada semester berikutnya, Zuckerberg mulai menulis kode untuk situs
web baru pada Januari 2004. Ia terinspirasi, katanya, oleh editorial
The Harvard Crimson tentang insiden Facemash.
[21] Pada 4 Februari 2004, Zuckerberg meluncurkan "The Facebook" yang awalnya berada di situs web TheFacebook.com.
[22]
Enam hari setelah situs ini diluncurkan, tiga senior Harvard,
Cameron Winklevoss,
Tyler Winklevoss, dan
Divya Narendra, menuduh Zuckerberg sengaja mengalihkan mereka agar mereka percaya ia membantu mereka membuat jejaring sosial bernama
HarvardConnection.com, sementara ia menggunakan ide mereka untuk membuat sebuah produk saingan.
[23] Ketiganya mengeluh kepada
Harvard Crimson,
dan surat kabar ini memulai sebuah investigasi. Tiga senior tersebut
mengajukan tuntutan hukum terhadap Zuckerberg yang akhirnya
diselesaikan.
[24]
Keanggotaan awalnya dibatasi kepada mahasiswa
Harvard College saja, dan pada bulan pertama, lebih dari setengah mahasiswa sarjana di Harvard terdaftar di situs ini.
[25] Eduardo Saverin (pebisnis),
Dustin Moskovitz (programer),
Andrew McCollum (seniman grafis), dan
Chris Hughes segera bergabung dengan Zuckerberg untuk membantu mempromosikan situs web ini. Bulan Maret 2004, Facebook memperluas diri ke
Stanford,
Columbia, dan
Yale.
[26] Situs ini kemudian dibuka ke sekolah
Ivy League lain,
Universitas Boston,
Universitas New York,
MIT, dan secara perlahan beberapa universitas di Kanada dan Amerika Serikat.
[27][28]
Facebook
diinkorporasikan pada musim panas 2004, dan pengusaha
Sean Parker, yang sering memberi saran kepada Zuckerberg, diangkat sebagai presiden perusahaan.
[29] Bulan Juni 2004, Facebook memindahkan pusat operasinya ke
Palo Alto, California.
[26] Perusahaan ini menerima investasi pertamanya pada bulan itu dari pendiri pendamping
PayPal,
Peter Thiel.
[30] Perusahaan ini menghapus
The dari namanya setelah membeli
nama ranah facebook.com pada tahun 2005 dengan nilai $200.000.
[31]
Pengguna aktif[N 1]
26 Agustus 2008 |
100[32] |
1.665 |
178.38% |
8 April 2009 |
200[33] |
225 |
13.33% |
15 September 2009 |
300[34] |
160 |
9.38% |
5 Februari 2010 |
400[35] |
143 |
6.99% |
21 Juli 2010 |
500[36] |
166 |
4.52% |
5 Januari 2011 |
600[37][N 3] |
168 |
3.57% |
30 Mei 2011 |
700[38] |
145 |
3.45% |
22 September 2011 |
800[39] |
115 |
3.73% |
24 April 2012 |
900[40] |
215 |
1.74% |
Facebook meluncurkan versi sekolah menengah atas pada September 2005 yang dianggap Zuckerberg sebagai tahap logis selanjutnya.
[41] Pada waktu itu, jaringan sekolah menengah membutuhkan undangan untuk bergabung.
[42] Facebook kemudian memperluas persyaratan keanggotaannya kepada karyawan dari sejumlah perusahaan, termasuk
Apple Inc. dan
Microsoft.
[43] Facebook kemudian dibuka tanggal 26 September 2006 kepada setiap orang yang berusia 13 tahun dan ke atas dengan
alamat surel yang sah.
[44][45]
Pada 24 Oktober 2007, Microsoft mengumumkan bahwa mereka telah
membeli 1,6% saham Facebook senilai $240 juta, sehingga memberikan
Facebook nilai sebesar $15 miliar.
[46] Pembelian oleh Microsoft ini meliputi hak mereka untuk menempatkan iklan internasional di Facebook.
[47] Bulan Oktober 2008, Facebook mengumumkan bahwa mereka akan membuka kantor pusat internasional di
Dublin, Irlandia.
[48] Bulan September 2009, Facebook mengatakan bahwa mereka mengalami arus kas positif untuk pertama kalinya.
[49]
Bulan November 2010, menurut SecondMarket Inc., sebuah bursa saham
perusahaan swasta, nilai Facebook mencapai $41 miliar (mengalahkan
eBay secara tipis) dan menjadi perusahaan web terbesar ketiga di AS setelah
Google dan
Amazon.
[50] Facebook telah diincar sebagai kandidat berpotensi untuk
penawaran umum perdana pada 2013.
[51]
Lalu lintas ke Facebook meningkat stabil setelah 2009. Jumlah pengunjung Facebook mengalahkan Google pada 13 Maret 2010.
[52]
Pada bulan Maret 2011, dilaporkan bahwa Facebook menghapus sekitar
20.000 profil dari situs ini setiap hari atas berbagai macam alasan,
termasuk spam, konten tidak pantas dan pemakaian di bawah umur, sebagai
bagian dari upayanya mendorong keamanan siber.
[53]
Pada awal 2011, Facebook mengumumkan rencananya untuk pindah ke kantor barunya, bekas kampur
Sun Microsystems di
Menlo Park, California.
[54][55]
Statistik
DoubleClick
memperlihatkan bahwa Facebook meraih satu triliun tampilan halaman pada
bulan Juni 2011 dan menjadikannya situs web yang paling banyak
dikunjungi di dunia.
[56]
Namun perlu diketahui bahwa Google dan sejumlah situs web tertentu
tidak dihitung dalam peringkat DoubleClick. Menurut studi Nielsen Media
Research yang dirilis bulan Desember 2011, Facebook adalah situs web
yang paling banyak diakses kedua di Amerika Serikat.
[57]
Pada bulan Maret 2012, Facebook meluncurkan App Center, sebuah toko
bergerak daring yang menjual aplikasi yang terhubung dengan Facebook.
Toko ini tersedia untuk pengguna web bergerak
iPhone,
Android.
[58] Pada bulan April, Facebook membeli aplikasi
Instagram dengan nilai
US$1 ($1 tahun 2015) miliar.
[59]
Pada awal Mei 2012, Facebook mengakuisisi
perusahaan muda Glancee yang beroperasi di bidang
penjelajahan sosial.
[60]
Facebook, Inc.
mengadakan penawaran umum perdana
pada tanggal 17 Mei 2012 dengan harga saham awal $38 per lembar,
sehingga nilai perusahaan mencapai $104 miliar, nilai perusahaan umum
baru terbesar sepanjang sejarah.
[61] Setelah IPO, Zuckerberg akan memperoleh 22% saham Facebook dan 57% hak suara.
[62] IPO ini berhasil menggalang $16 miliar dan menjadikan IPO ini yang terbesar ketiga dalam sejarah Amerika Serikat.
[63][64]
Saham mulai diperdagangkan pada 18 Mei, dan meski saham berusaha tetap
berada di atas harga IPO sepanjang hari itu, jumlahnya mencetak rekor
baru dalam hal volume perdagangan IPO.
[65] Beberapa hari setelah IPO, regulator dari U.S.
Securities and Exchange Commission
mulai menyelidiki pelaksanaan IPO, setelah klaim bahwa perkiraan
pertumbuhan Facebook yang semakin lemah tidak diungkapkan kepada seluruh
pemegang saham
Sebagian besar pendapatan Facebook berasal dari periklanan. Microsoft adalah rekan eksklusif Facebook untuk melayani
iklan spanduk,
[67] dan Facebook hanya melayani iklan yang masuk dalam
inventaris iklan Microsoft. Menurut
comScore, sebuah perusahaan
riset pemasaran Internet, Facebook memperoleh data dari pengunjung sama banyaknya dengan Google dan Microsoft, namun sedikit kurang dari
Yahoo!.
[68] Tahun 2010, tim keamanan Facebook mulai memperluas upayanya untuk mengurangi risiko
privasi pengguna.
[69] Pada 6 November 2007, Facebook meluncurkan
Facebook Beacon yang kemudian menjadi usaha gagal untuk beriklan kepada teman pengguna menggunakan cara "apa yang dibeli teman".
Facebook umumnya memiliki
tingkat klik
(CTR) yang lebih rendah untuk iklan daripada situs-situs web besar
lainnya. Untuk iklan spanduk, mereka menerima seperlima jumlah klik di
Facebook jika dibandingkan dengan Web secara keseluruhan.
[70] Ini berarti bahwa persentase kecil pengguna Facebook mengklik iklan lebih banyak dibanding situs web lain. Misalnya, pengguna
Google
mengklik iklan pertama pada hasil pencarian dengan rata-rata 8% dalam
satu waktu (80.000 klik untuk setiap satu juta pencarian),
[71] sementara pengguna Facebook mengklik iklan dengan rata-rata 0,04% dalam satu waktu (400 klik untuk setiap satu juta halaman).
[72]
Sarah Smith, dulunya Manajer Operasi Penjualan Daring Facebook, mengakui bahwa
kampanye periklanan mereka memiliki tingkat klik serendah 0,05% sampai 0,04%, dan tingkat klik untuk iklan cenderung menurun dalam dua minggu.
[73] Tingkat klik di jejaring sosial saingan,
MySpace,
jika dibandingkan berkisar 0,1%, 2,5 kali lebih baik dari Facebook
tetapi masih rendah dibandingkan dengan situs web lain. Penjelasan untuk
tingkat klik Facebook yang rendah adalah bahwa pengguna Facebook lebih
cerdas secara teknologi dan menggunakan perangkat
pemblokiran iklan
untuk menyembunyikan iklan, penggunanya lebih muda dan lebih pintar
dalam mengabaikan pesan iklan. Di MySpace, pengguna menghabiskan lebih
banyak waktu menjelajahi isinya, sementara di Facebook, pengguna
menghabiskan waktu mereka berkomunikasi dengan teman dan perhatian
mereka teralihkan dari iklan.
[74]
Pendapatan
(diperkirakan, dalam juta US$)
2006 |
$52[75] |
— |
2007 |
$150[76] |
188% |
2008 |
$280[77] |
87% |
2009 |
$775[78] |
177% |
2010 |
$2.000[79] |
158% |
Di halaman merek dan produk, sejumlah perusahaan melaporkan tingkat klik setinggi 6,49% untuk kiriman Dinding.
[80]
Involver, sebuah platform pemasaran sosial, mengumumkan pada Juli 2008
bahwa mereka berusaha memperoleh tingkat klik 0,7% di Facebook (10 kali
lebih tinggi dari tingkat klik kampanye iklan Facebook) untuk klien
pertamanya,
Serena Software, yang berusaha mengubah 1,1 juta tampilan menjadi 8,000 kunjungan ke situs mereka.
[81]
Studi menunjukkan bahwa untuk iklan video di Facebook, hampir 40%
pengguna yang melihat video tersebut menyaksikan keseluruhannya,
sementara rata-rata industri adalah 25% untuk iklan video spanduk.
[82]
Facebook memiliki lebih dari 1.700 karyawan dan kantor di 12 negara.
[83] Mengenai kepemilikan Facebook,
Mark Zuckerberg memiliki 24% saham perusahaan,
Accel Partners 10%,
Digital Sky Technologies 10%,
[84] Dustin Moskovitz 6%,
Eduardo Saverin 5%,
Sean Parker 4%,
Peter Thiel 3%,
Greylock Partners dan
Meritech Capital Partners antara 1 - 2% masing-masing,
Microsoft 1.3%,
Li Ka-shing 0.75%,
Interpublic Group kurang dari 0.5%, sekelompok kecil karyawan dan bekas karyawan serta selebriti masing-masing memiliki kurang dari 1%, termasuk
Matt Cohler,
Jeff Rothschild,
Adam D'Angelo,
Chris Hughes, dan
Owen Van Natta, sementara
Reid Hoffman dan
Mark Pincus
memiliki kepemilikan yang agak besar di perusahaan ini, dan 30% sisanya
dimiliki oleh karyawan, sejumlah selebriti, dan investor asing.
[85] Adam D'Angelo,
kepala bidang teknologi dan teman Zuckerberg, mengundurkan diri pada
Mei 2008. Beberapa laporan mengklaim bahwa ia dan Zuckerberg mulai
bertengkar, dan ia tidak lagi tertarik dengan kepemilikan perusahaan
ini.
[86]
Pada 15 November 2010, Facebook mengumumkan bahwa mereka telah memperoleh FB.com dari
American Farm Bureau Association
dengan nilai yang tidak disebutkan. Pada 11 Januari 2011, Farm Bureau
mengumumkan "pendapatan penjualan ranah" sebesar US$8,5 juta, sehingga
pembelian FB.com menjadi satu dari sepuluh penjualan ranah termahal
sepanjang sejarah.
[87]
Situs web
Halaman utama Facebook menampilkan formulir log masuk di kanan atas
untuk pengguna terdaftar, dan formulir pendaftaran di bawahnya untuk
pengunjung baru.
Pengguna dapat membuat profil dilengkapi foto, daftar ketertarikan
pribadi, informasi kontak, dan informasi pribadi lain. Pengguna dapat
berkomunikasi dengan teman dan pengguna lain melalui pesan pribadi atau
umum dan fitur obrolan. Mereka juga dapat membuat dan bergabung dengan
grup ketertarikan dan "halaman kesukaan" (dulu disebut "halaman
penggemar" hingga 19 April 2010), beberapa di antaranya diurus oleh
banyak organisasi dengan maksud beriklan.
[88]
Untuk mencegah keluhan tentang privasi, Facebook mengizinkan pengguna
mengatur privasi mereka dan memilih siapa saja yang dapat melihat
bagian-bagian tertentu dari profil mereka.
[89] Situs web ini gratis untuk pengguna dan mengambil keuntungan melalui iklan seperti
iklan spanduk.
[90]
Facebook membutuhkan nama pengguna dan foto profil (jika ada) agar
dapat diakses oleh setiap orang. Pengguna dapat mengontrol siapa saja
yang dapat melihat informasi yang mereka bagikan, juga menemukannya
melalui pencarian dengan memanfaatkan pengaturan privasi.
[91]
Profil Facebook tahun 2011.
Media sering memperbandingkan Facebook dengan
MySpace, namun satu perbedaan utama di antara kedua situs tersebut adalah tingkat kustomisasinya.
[92]
Perbedaan lainnya adalah persyaratan Facebook agar pengguna dapat
mengatur identitas asli mereka, dan langkah tersebut tidak diterapkan di
MySpace.
[93] MySpace mengizinkan pengguna mendekorasi profil mereka menggunakan
HTML dan
Cascading Style Sheets (CSS), sementara Facebook hanya mengizinkan
teks mentah.
[94] Facebook memiliki sejumlah fitur yang dapat berinteraksi dengan pengguna. Salah satunya adalah
Dinding, kotak di setiap halaman profil pengguna yang mengizinkan teman mereka mengirimkan pesan kepada pengguna tersebut;
[95] Colek,
yang memungkinkan pengguna mengirimkan "colekan" virtual satu sama lain
(pemberitahuan memberitahu pengguna bahwa mereka telah dicolek);
[96] Foto, tempat pengguna dapat mengunggah album dan foto;
[97] dan
Status, yang memungkinkan pengguna untuk memberitahukan teman mereka mengenai keberadaan dan tindakan mereka saat itu.
[98]
Tergantung pengaturan privasinya, setiap orang yang dapat melihat
sebuah profil pengguna dapat juga melihat Dinding pengguna. Bulan Juli
2007, Facebook mulai mengizinkan pengguna mengirimkan lampiran di
Dinding, berbeda dari Dinding sebelumnya yang terbatas pada konten teks
saja.
[95]
Antarmuka pengguna grafis Facebook pada telepon genggam
Sepanjang waktu, Facebook menambahkan fitur ke situsnya. Pada 6 September 2006,
News Feed
diluncurkan yang ditempatkan di setiap halaman utama pengguna dan
memberitahukan informasi seperti perubahan profil, acara berikutnya, dan
ulang tahun teman pengguna.
[99]
Hal ini memungkinkan pengirim spam dan pengguna lain memainipulasi
fitur-fitur tersebut dengan membuat acara bohong atau ulang tahun bohong
demi menarik perhatian ke profil atau kampanye tersebut.
[100]
Awalnya, News Feed memunculkan ketidakpuasan di antara pengguna
Facebook; sejumlah di antaranya mengeluh karena terlalu berantakan dan
penuh dengan informasi yang tidak perlu, sementara pengguna lain
menganggapnya mudah bagi pengguna untuk melacak aktivitas seseorang
(seperti perubahan status hubungan, acara, dan percakapan dengan
pengguna lain).
[101]
Sebagai respon, Zuckerberg mengirimkan permintaan maafnya atas
kegagalan situs ini untuk memasukkan fitur privasi yang dapat diatur
sendiri. Sejak itu, pengguna mulai mendapat kontrol terhadap jenis-jenis
informasi apa saja yang dapat dibagikan secara otomatis kepada teman.
Sekarang pengguna mampu mencegah sekelompok teman melihat pembaruan
aktivitas-aktivitasnya seperti perubahan profil, kiriman Dinding, dan
teman yang baru ditambahkan.
[102]
Tanggal 23 Februari 2010, Facebook diberikan paten
[103]
terhadap serangkaian aspek News Feed-nya. Paten ini mencakup News Feed
ketika pranala dikirimkan sehingga satu pengguna dapat berpartisipasi
dalam aktivitas yang sama seperti pengguna lain.
[104] Paten ini mendorong Facebook untuk mengambil tindakan terhadap situs-situs yang melanggar patennya, seperti
Twitter.
[105]
Salah satu aplikasi paling populer di Facebook adalah
Foto, tempat pengguna dapat mengunggah album dan foto.
[106] Facebook mengizinkan pengguna untuk mengunggah foto dalam jumlah tak terbatas, dibandingkan
layanan penyimpanan gambar seperti
Photobucket dan
Flickr
yang membatasi jumlah foto yang dapat diunggah seseorang. Pada
tahun-tahun pertamanya, pengguna Facebook dibatasi untuk mengunggak
60 foto per album. Pada Mei 2009, batas ini dinaikkan menjadi 200 foto
per album.
[107][108][109][110]
Pengaturan privasi dapat diatur untuk album individu yang membatasi
kelompok pengguna yang dapat melihatnya. Misalnya, privasi suatu album
diatur sedemikian rupa sehingga hanya teman pengguna yang bisa
melihatnya, sementara privasi album lain diatur sehingga semua pengguna
Facebook bisa melihatnya. Fitur lain dari aplikasi Foto adalah
kemampuannya untuk "
tag",
atau menandai pengguna di sebuah foto. Misalnya, jika sebauh foto
berisi seorang teman pengguna, maka pengguna dapat menandai temannya di
foto tersebut. Tindakan tersebut mengirimkan pemberitahuan kepada teman
yang ditandai dan memberikan mereka tautan untuk melihat foto tersebut.
[111]
Profil The Facebook tahun 2005
Profil Facebook tahun 2007
Facebook Notes diperkenalkan pada 22 Agustus 2006, sebuah fitur blog
yang mengizinkan tag dan penanaman gambar. Pengguna dapat mengimpor blog
dari
Xanga,
LiveJournal,
Blogger, dan layanan blog lain.
[44] Sepanjang minggu 7 April 2008, Facebook merilis aplikasi
pesan instan berbasis
Comet[112] bernama "Chat" ke sejumlah profil,
[113] yang mengizinkan pengguna berkomunikasi dengan teman dan fungsinya sama seperti
pengantar pesan instan berbasis desktop.
Facebook meluncurkan
Gifts
pada 8 Februari 2007 yang memungkinkan pengguna mengirimkan hadiah
virtual kepada temannya yang muncul di profil penerima. Masing-masing
hadiah berharga $1,00 dan pesan pribadi dapat disertakan pada setiap
hadiah.
[114][115] Tanggal 14 Mei 2007, Facebook meluncurkan
Marketplace, yang memungkinkan pengguna mengirimkan iklan pendek gratis.
[116] Marketplace telah dibanding-bandingkan dengan
Craigslist oleh
CNET,
yang menunjukkan bahwa perbedaan utama antara keduanya adalah daftar
yang dikirimkan pengguna di Marketplace hanya bisa dilihat oleh pengguna
yang berada di jaringan yang sama seperti pengguna tersebut, sementara
daftar yang dikirimkan di Craigslist dapat dilihat oleh semua orang.
[117]
Tanggal 20 Juli 2008, Facebook meluncurkan "Facebook Beta", yaitu
desain ulang antarmuka penggunanya pada beberapa jaringan. Mini-Feed dan
Dinding digabungkan, profil dipisah menjadi tab, dan mereka berusaha
untuk membuatnya terlihat lebih "sederhana".
[118]
Setelah awalnya memberi pengguna pilihan untuk pindah, Facebook mulai
memindahkan semua pengguna ke versi halaman baru pada September 2008.
[119] Tanggal 11 Desember 2008, diumumkan bahwa Facebook sedang menguji proses pendaftaran yang lebih mudah.
[120]
Tanggal 13 Juni 2009, Facebook memperkenalkan fitur "Usernames", yaitu halaman-halaman dapat ditautkan menggunakan
URL yang lebih simpel seperti
http://www.facebook.com/facebook
dibandingkan dengan
http://www.facebook.com/profile.php?id=20531316728
.
[121] Banyak
telepon pintar baru menawarkan akses ke Facebook melalui peramban web atau aplikasi mereka. Aplikasi Facebook yang resmi diluncurkan untuk
iPhone OS,
Android OS, dan
WebOS.
Nokia dan
Research In Motion
menyediakan aplikasi Facebook pada telepon genggam mereka. Lebih dari
150 juta pengguna aktif mengakses Facebook melalui telepon genggam yang
terdaftar pada 200 operator di 60 negara.
Tanggal 15 November 2010, Facebook mengumumkan layanan "Facebook
Messages" baru. Pada media hari itu, CEO Mark Zuckeberg mengatakan,
"memang benar bahwa seseorang dapat memperoleh alamat surel
@facebook.com, namun itu bukan surel." Peluncuran fitur tersebut telah
diantisipasi sementara waktu sebelum pengumuman ini, dengan sejumlah
pengamat menyebutnya sebagai "pembunuh Gmail". Sistem ini, yang akan
diluncurkan kepada semua pengguna situs tersebut, menggabungkan
pesan teks,
pesan instan,
surel,
dan pesan reguler, dan akan meliputi pengaturan privasi sama seperti
layanan Facebook. Dijuluki "Project Titan", Facebook Messages memakan 15
bulan dalam pengembangannya.
[122][123]
Penerimaan
Menurut
comScore, Facebook adalah situs jaringan sosial terdepan berdasarkan jumlah pengunjung bulanan dan mengalahkan pesaing utamanya,
MySpace pada April 2008.
[124] ComScore melaporkan bahwa Facebook menarik 130 juta pengunjung pada Mei 2010, sebuah peningkatan sebesar 8,6 juta orang.
[125] Menurut
Alexa,
peringkat Facebook di antara seluruh situs web menurut lalu lintas
dunia naik dari 60 ke 7 mulai September 2006 hingga September 2007, dan
saat ini peringkat ke-2 tertinggi di dunia.
[126] Quantcast[127] dan
Compete.com[128]
menempatkan Facebook pada peringkat ke-2 menurut lalu lintas di AS.
Situs web ini adalah yang paling populer untuk mengunggah foto, dengan
total 50 miliar unggahan foto.
[129] Tahun 2010,
Sophos
"Security Threat Report 2010" melakukan pemungutan suara dari 500
firma, 60% di antaranya mengatakan bahwa mereka percaya Facebook adalah
jaringan sosial yang memiliki ancaman keamanan terbesar dibandingkan
MySpace, Twitter, dan
LinkedIn.
[69]
Facebook adalah salah satu situs jaringan sosial paling populer di sejumlah
negara penutur bahasa Inggris, termasuk Kanada,
[130] Britania Raya,
[131] dan Amerika Serikat.
[132][133][134][135]
Pada pasar Internet regional, penetrasi Facebook tertinggi ada di
Amerika Utara (69%), diikuti Timur Tengah-Afrika (67%), Amerika Latin
(58%), Eropa (57%), dan Asia-Pasifik (17%).
[136]
Situs ini telah memenangkan berbagai penghargaan seperti "Top 100 Classic Websites" oleh
PC Magazine tahun 2007,
[137] dan "People's Voice Award" dari
Webby Awards tahun 2008.
[138]
Dalam studi tahun 2006 yang dilakukan Student Monitor, sebuah
perusahaan riset pasar mahasiswa perguruna tinggi yang berbasis di
New Jersey, Facebook disebut sebagai hal yang paling populer kedua di antara para sarjana, sejajar dengan
bir dan kurang populer dibandingkan
iPod yang menempati peringkat pertama.
[139]
Bulan Maret 2010, Hakim Richard Seeborg mengeluarkan perintah menyetujui penyelesaian kelompok dalam kasus
Lane v. Facebook, Inc., tuntutan hukum kelompok yang muncul karena program Facebook Beacon.
Tahun 2010, Facebook memenangkan "Best Overall Startup or Product" dari
Crunchie untuk ketiga kalinya secara berturut-turut
[140] dan diakui sebagai salah satu "Perusahaan
Silicon Valley Terbaik" oleh Lead411.
[141] Tetapi, menurut survei bulan Juli 2010 oleh
American Customer Satisfaction Index,
Facebook mendapatkan skor 64 dari 100 dan menempatkannya di bawah dari
seluruh perusahaan swasta menurut kepuasan pelanggan, bersama
industri-industri seperti sistem
berkas elektronik IRS,
maskapai penerbangan dan
perusahaan kabel.
Alasan Facebook mendapat skor rendah yaitu masalah privasi, sering
berubahnya antarmuka situs, hasil yang diberikan News Feed, dan spam.
[142]
Bulan Desember 2008,
Mahkamah Agung Teritori Ibu Kota Australia mengeluarkan aturan bahwa Facebook merupakan
protokol
yang sah untuk melayani pemberitahuan pengadilan kepada terdakwa. Ini
merupakan pengadilan hukum pertama di dunia yang menetapkan bahwa
panggilan pengadilan yang dikirimkan melalui Facebook adalah ikatan hukum.
[143]
Bulan Maret 2008, hakim pembantu Pengadilan Tinggi Selandia Bru, David
Glendall mengizinkan pelayanan berkas hukum Craig Axe oleh perusahaan
Axe Market Garden dilakukan melalui Facebook.
[144] Perusahaan (seperti
Virgin Atlantic Airways)
juga menggunakan Facebook dengan maksud agar tetap terhubung dengan
karyawan mereka dan pernah memecat karyawan karena kiriman mereka.
[145]
Pada 2005, pemakaian Facebook sudah sangat meluas sehingga kata kerja
facebooking mulai digunakan untuk menjelaskan proses pencarian profil seseorang atau memperbarui profil diri sendiri.
[146] Bulan 2008,
Collins English Dictionary mengumumkan "Facebook" sebagai Kata Tahun Ini.
[147] Bulan Desember 2008,
New Oxford American Dictionary mengumumkan kata tahun ini adalah kata kerja "
unfriend" yang didefinisikan sebagai "Menghapus seseorang sebagai '
teman' di sebuah situs
jaringan sosial seperti Facebook. Misalnya, 'I decided to unfriend my roommate on Facebook after we had a fight.'"
[148]
Pada April 2010, menurut
The New York Times, negara yang memiliki pengguna Facebook terbanyak adalah Amerika Serikat, Britania Raya dan
Indonesia.
[149]
Indonesia telah menjadi negara dengan jumlah pengguna Facebook
terbanyak kedua di dunia setelah Amerika Serikat dengan 24 juta pengguna
atau 10% dari total penduduk Indonesia.
[150] Pada awal 2010,
Openbook didirikan, sebuah situs web
parodi (dan advokasi pribadi)
[151] yang memungkinkan pencarian berbasis teks terhadap kiriman-kiriman Dinding yang tersedia bagi "Semua orang" di Internet.
Penulis
The Wall Street Journal
menemukan pada 2010 bahwa aplikasi Facebook mengirimkan informasi
identifikasi kepada "lusinan perusahaan periklanan dan pelacakan
Internet". Aplikasi tersebut menggunakan
referer HTTP
yang memaparkan identitas pengguna dan teman-temannya. Facebook
mengatakan, "Kami telah melakukan tindakan untuk mematikan semua
aplikasi yang melanggar peraturan kami".
[152]
Kritik
Facebook telah menghadapi berbagai
kontroversi. Situs ini telah diblokir di beberapa negara termasuk
Republik Rakyat Tiongkok,
[153] Vietnam,
[154] Iran,
[155] Uzbekistan,
[156] Pakistan[157] Suriah,
[158] dan
Bangladesh
atas alasan yang berbeda-beda. Misalnya karena anti-Islam dan konten
diskriminasi agama yang diizinkan oleh Facebook, situs ini dilarang di
banyak negara di dunia. Selain itu, Facebook juga dilarang di beberapa
perkantoran untuk mencegah karyawan membuang-buang waktu.
[159] Privasi pengguna Facebook
juga dipermasalahkan dan keamanan akun pengguna telah ditembus beberapa
kali. Facebook berhasil menyelesaikan tuntutan hukum mengenai klaim
kode sumber dan properti intelektual.
[160]
Dampak politik
Peran Facebook pada proses politik Amerika Serikat muncul pada Januari 2008 sesaat sebelum
Pendahuluan New Hampshire, ketika Facebook bersama
ABC dan
Saint Anselm College
bekerjasama untuk mengizinkan pengguna memberi umpan balik langsung
mengenai debat antara Partai Repbulik dan Demokrat tanggal 5 Januari.
[161][162][163] Charles Gibson menjadi moderator debat yang diadakan di Dana Center for the Humanities di
Saint Anselm College.
Pengguna Facebook turut berpartisipasi dalam grup debat yang diatur
berdasarkan topik tertentu, mendaftar untuk memilih, dan mengirim
pertanyaan.
[164]
Lebih dari 1.000.000 orang menginstal aplikasi 'US politics' di
Facebook agar dapat berpartisipasi, dan aplikasi ini mengukur respon
pengguna terhadap komentar tertentu yang dilontarkan oleh kandidat
debat.
[165]
Debat ini menunjukkan kepada komunitas masyarakat tentang apa yang
telah dialami remaja saat ini: Facebook adalah cara baru yang sangat
populer dan kuat untuk berinteraksi dan menyuarakan pendapat. Artikel
yang ditulis Michelle Sullivan di Uwire.com mengilustrasikan bagaimana
"efek Facebook" telah memengaruhi tingkat suara remaja, mendukung
kandidat politik muda, dan keterlibatan umum populasi remaja pada pemilu
2008.
[166]
Pada Februari 2008, sebuah grup Facebook bernama "One Million Voices Against FARC" mengadakan acara yang dihadiri ratusan ribu
penduduk Kolombia yang memrotes
Angkatan Bersenjata Revolusioner Kolombia, dikenal sebagai FARC (dari kepanjangannya yang berbahasa Spanyol).
[167] Bulan Agustus 2010, salah satu situs pemerintah resmi Korea Utara, Uriminzokkiri, bergabung dengan Facebook.
[168]
Tahun 2010, seorang direktur kesehatan masyarakat Inggris yang memimpin staf untuk meneliti
sifilis,
mempertautkan dan menyalahkan kenaikan kasus sipilis di sejumlah
wilayah Britania kepada Facebook. Laporan penelitian ini dikecam oleh
Facebook karena "mengabaikan perbedaan antara
korelasi dan
kausalitas."
[169]
Di media
- Pada usia 102 tahun, Ivy Bean dari Bradford, Inggris bergabung dengan Facebook pada usia 108 tahun dan menjadikannya salah satu orang tertua yang terdaftar di Facebook. Sebagai inspirasi bagi penghuni panti jompo tempat ia tinggal,[170] ia langsung dikenal luas dan sejumlah halaman penggemar dibuat untuk menghormatinya. Ia menjumpai Perdana Menteri Gordon Brown dan istrinya, Sarah, di Downing Street pada awal 2010.[171] Beberapa saat setelah membuat halaman Facebook-nya, Bean bergabung dengan Twitter ketika ia mencapai batas jumlah teman yang ditetapkan Facebook. Ia menjadi orang tertua
yang menggunakan Twitter. Pada kematiannya bulan Juli 2010, ia memiliki
4.962 teman di Facebook dan lebih dari 56.000 pengikut di Twitter.
Kematiannya dilaporkan secara luas di media dan ia menerima penghormatan
dari sejumlah tokoh media terkenal.[172]
- "FriendFace", episode bulan Desember 2008 dari sebuah sitkom Britania, The IT Crowd, memparodikan Facebook dan situs-situs jejaring sosial secara umum.[173]
- Penulis Amerika Serikat, Ben Mezrich menerbitkan buku pada Juli 2009 mengenai Mark Zuckerberg dan pendirian Facebook yang berjudul The Accidental Billionaires: The Founding of Facebook, A Tale of Sex, Money, Genius, and Betrayal.[174]
- Sebagai respon terhadap kontroversi Everybody Draw Mohammed Day dan dilarangnya Facebook di Pakistan, situs Facebook versi Islam diciptakan dan diberi nama MillatFacebook.[175]
- "You Have 0 Friends", salah satu episode bulan April 2010 dari serial animasi komedi Amerika Serikat, South Park, memparodikan Facebook.[176]
- The Social Network, film drama yang disutradarai David Fincher mengenai pendirian Facebook dirilis tanggal 1 Oktober 2010.[177] Film ini menampilkan pemain ensembel yang terdiri dari Jesse Eisenberg sebagai Mark Zuckerberg, Andrew Garfield sebagai Eduardo Saverin, Justin Timberlake sebagai Sean Parker, dan Armie Hammer sebagai Cameron dan Tyler Winklevoss. Film ini ditulis oleh Aaron Sorkin dan diadopsi dari buku karya Ben Mezrich tahun 2009, serta didistribusikan oleh Columbia Pictures.
Tidak ada anggota staf Facebook, termasuk Zuckerberg, yang terlibat
dalam proyek ini. Namun, salah satu pendiri pendamping Facebook, Eduardo
Saverin, adalah narasumber bagi buku Mezrich. Mark Zuckerberg
mengatakan bahwa The Social Network tidak akurat.
Blogger adalah sebuah layanan publikasi
blog yang dibuat oleh
Pyra Labs dan diakusisi oleh
Google pada tahun
2003. Secara umum, blog yang di
host oleh Google berada di bawah subdomain
blogspot.com
. Blogger memperbolehkan penggunanya untuk mempublikasikan blognya di
server lain, melalui
FTP hingga
1 Mei 2010.
Setelah tanggal tersebut, semua blog harus disimpan di server Google,
meskipun pengguna dapat menggunakan alamat situsnya sendiri dengan fitur
Custom URL.
[2]
- 1 Sejarah
- 2 Integrasi
- 3 Lihat pula
- 4 Referensi
- 5 Pranala luar
Sejarah
Pada 23 Agustus 1999, Blogger diluncurkan oleh Pyra Labs. Sebagai
salah satu perangkat publikasi blog pertama di dunia, Blogger berperan
dalam mempopulerkan format blog di dunia. Pada
Februari 2003,
Pyra Labs diakusisi oleh Google, membuat sejumlah fitur premium Blogger
yang sebelumnya dikomersialkan Pyra Labs menjadi layanan yang
sepenuhnya gratis. Pada
Oktober 2004, salah satu pendiri Pyra Labs, Evan Williams, mengundurkan diri dari Google.
Pada tahun
2004, Google membeli
Picasa, dan mengintegrasikannya dengan Blogger sehingga pengguna Picasa dapat mempublikasikan koleksi foto miliknya ke situs blognya.
Pada
9 Mei 2004, Blogger memperkenalkan beberapa perubahan besar pada sistem publikasi blognya, menambahkan fitur seperti
templat yang memenuhi standar web, halaman
arsip individual untuk masing-masing posting dan komentar, serta fitur posting melalui
email.
Pada
14 Agustus 2006, Blogger meluncurkan versi terbarunya dalam tahap
beta, yang diberi nama kode "
Invader". Versi terbaru ini memigrasikan pengguna Blogger ke server milik Google dan menambahkan beberapa fitur baru. Pada
Desember 2006, versi baru ini keluar dari tahap beta.
Mei 2007, Blogger selesai memigrasikan semua data penggunanya ke server Google.
Desain ulang
Sebagai bagian dari desain ulang Blogger pada tahun 2006, semua blog
yang ada di Blogger dimigrasikan ke server Google. Blogger mengklaim
bahwa dengan migrasi tersebut, layanan mereka lebih stabil karena
kualitas server yang dimiliki Google lebih baik dari sebelumnya.
[3]
Seiring dengan migrasi layanan Blogger ke server Google ini, beberapa fitur baru diperkenalkan, meliputi manajemen
label,
antarmuka penataan
layout template dengan cara geser-dan-letakkan (
drag-and-drop), izin pembacaan blog (untuk membuat blog-blog pribadi) dan opsi
web feed
yang baru. Lebih lanjut, kini setiap blog diperbaharui secara dinamis,
berbeda dengan sebelumnya di mana setiap posting atau komentar baru
diperlakukan dengan menulis ulang file
HTML.
Pada
September 2009,
Google memperkenalkan fitur baru sebagai bagian dari perayaan ulang
tahunnya yang kesepuluh. Fitur tersebut meliputi tampilan baru untuk
menulis
post, penyempurnaan penanganan gambar, dan implementasi berbasis
Google Docs lainnya, seperti:
- Menambahkan lokasi penulisan di post.
- Penanggalan tulisan ditentukan pada saat publikasi, bukan saat pembuatan.
- Pengubahan tautan di mode penulisan (Compose mode).
- Layanan penuh bagi Safari 3.
- Tampilan pratayang yang menampilkan post dengan perkiraan lebar tulisan dan ukuran font ketika tulisan tersebut dipublikasikan.
- Toolbar yang baru dengan tampilan khas Google, waktu pemuatan yang lebih cepat, dan tombol Undo serta Redo.
Pada tahun
2010, Blogger memperkenalkan template baru dan melakukan desain ulang situsnya.
Pada tahun
2013, Blogger mengupdate fitur fiturnya salah satunya fitur
komentar dan integrasi pada
google+, ada beberapa fitur baru diantaranya :
- Design Antar Muka yang diperbaharui pada tahun 2012
- Integrasi langsung dengan google adsense, tahun 2012
- Integrasi dengan google+ pada kotak komentar dan posting, tahun 2013
- Fitur mobile template yang mana kita bisa mendesign atau memilih
design yang telah disediakan sehingga pengguna dapat melihat blog pada
Handphone atau Gadget mereka dengan design yang tersesuaikan ( responsive ).
Integrasi
- Toolbar Google memiliki fitur “BlogThis!” yang mengijinkan toolbar pengguna dengan akun Blogger untuk memposting tautan langsung ke blog mereka.
- Blogger mendukung layanan Google AdSense sebagai sebuah cara bagi pemilik blog untuk mendapatkan penghasilan dari blog mereka.
- Blogger menawarkan dukungan blog multi-pengarang, yang memungkinkan pengguna membuat sebuah blog untuk kelompok (group blog).
- Blogger menawarkan fitur pengubahan template, yang mengijinkan pengguna mengubah desain templat blog sesuai keinginan mereka. Bagi pengguna yang memiliki kemampuan pemrograman
atau pemahaman kode CSS, fitur ini sangat berguna karena memungkinkan
mereka merancang desain blog miliknya sendiri, antara lain dengan
menambahkan sejumlah menu, dan kolom.
- Blogger dapat dihubungkan langsung dengan google+ yang dapat mentag teman dan berbagi langsung dengan mereka.
-
- YouTube adalah sebuah situs web berbagi video yang dibuat oleh tiga mantan karyawan PayPal pada Februari 2005. Situs ini memungkinkan pengguna mengunggah, menonton, dan berbagi video.[4] Perusahaan ini berkantor pusat di San Bruno, California, dan memakai teknologi Adobe Flash Video dan HTML5 untuk menampilkan berbagai macam konten video buatan pengguna, termasuk klip film, klip TV, dan video musik. Selain itu ada pula konten amatir seperti blog video, video orisinal pendek, dan video pendidikan.
Kebanyakan konten di YouTube diunggah oleh individu, meskipun perusahaan-perusahaan media seperti CBS, BBC, Vevo, Hulu, dan organisasi lain sudah mengunggah material mereka ke situs ini sebagai bagian dari program kemitraan YouTube.[5]
Pengguna tak terdaftar dapat menonton video, sementara pengguna
terdaftar dapat mengunggah video dalam jumlah tak terbatas. Video-video
yang dianggap berisi konten ofensif hanya bisa ditonton oleh pengguna
terdaftar berusia 18 tahun atau lebih. Pada November 2006, YouTube, LLC
dibeli oleh Google dengan nilai US$1,65 miliar dan resmi beroperasi sebagai anak perusahaan Google.
YouTube didirikan oleh Chad Hurley, Steve Chen, dan Jawed Karim, yang sebelumnya merupakan karyawan pertama PayPal.[6] Hurley belajar desain di Indiana University of Pennsylvania, sementara Chen dan Karim belajar ilmu komputer di University of Illinois at Urbana-Champaign.[7]
Menurut cerita yang berulang-ulang diterbitkan di media, Hurley dan
Chen mengembangkan ide YouTube pada bulan-bulan pertama tahun 2005
setelah mengalami kesulitan saat berbagi video pesta makan malam di
apartemen Chen di San Francisco. Karim tidak datang ke pesta dan menolak
pesta tersebut pernah terjadi, sementara Chen berkomentar bahwa ide
YouTube tercetuskan setelah pesta makan "tampaknya diperkuat oleh metode
pemasaran yang terpusat pada menciptakan cerita yang mudah dicerna
konsumen".[8]
YouTube berawal sebagai sebuah perusahaan teknologi rintisan yang didanai oleh investasi senilai $11,5 juta dari Sequoia Capital antara November 2005 dan April 2006.[9] Kantor pertama YouTube terletak di atas sebuah pizzeria dan restoran Jepang di San Mateo, California.[10] Nama domain www.youtube.com
aktif pada 14 Februari 2005 dan situs ini dikembangkan pada bulan-bulan berikutnya.[11]
Video pertama di YouTube berjudul Me at the zoo. Video ini menampilkan pendiri pendamping Jawed Karim di San Diego Zoo.[12] Video ini diunggah pada tanggal 23 April 2005 dan masih ada sampai sekarang di situs ini.[13]
Bekas logo YouTube, 2006-2011, dengan
gradasi warna yang berbeda.
[14]
YouTube menawarkan uji beta
pada Mei 2005, enam bulan sebelum peluncuran resmi pada November 2005.
Pertumbuhan situs ini meroket dan pada bulan Juli 2006, perusahaan ini
mengumumkan bahwa lebih dari 65.000 video diunggah setiap harinya dan
situs ini menerima 100 juta kunjungan video per hari.[15] Menurut data yang dikumpulkan perusahaan riset pasar comScore, YouTube adalah penyedia video daring utama di Amerika Serikat dengan pangsa pasar 43 persen dan lebih dari 14 miliar video ditonton pada bulan Mei 2010.[16]
YouTube mengatakan bahwa sekitar video berdurasi total 60 jam diunggah
setiap menit dan tiga perempat materialnya berasal dari luar A.S.[17][18][19] Situs ini menerima delapan ratus juta kunjungan unik setiap bulannya.[20] Diperkirakan bahwa pada tahun 2007 YouTube mengonsumsi pita lebar yang sama besarnya seperti seisi Internet tahun 2000.[21] Alexa menempatkan YouTube sebagai situs ketiga yang paling banyak dikunjungi di Internet, setelah Google dan Facebook.[22]
Pemilihan nama www.youtube.com
memunculkan masalah dengan situs bernama serupa, www.utube.com
. Pemilik situs tersebut, Universal Tube & Rollform Equipment,
mengajukan tuntutan hukum terhadap YouTube pada bulan November 2006
setelah situsnya dibanjiri pengunjung yang ingin mencari YouTube.
Universal Tube sejak itu mengubah nama situsnya menjadi www.utubeonline.com
.[23][24] Pada bulan Oktober 2006, Google Inc. mengumumkan bahwa mereka telah membeli YouTube dengan nilai $1,65 miliar dalam bentuk saham. Persetujuan ini dirampungkan pada 13 November 2006.[25] Google tidak memberikan informasi rinci mengenai biaya operasi YouTube dan pendapatan YouTube tahun 2007 ditulis "tidak material" dalam pengisian formulir wajib.[26] Bulan Juni 2008, sebuah artikel di majalah Forbes memperkirakan pendapatan YouTube tahun 2008 mencapai $200 juta setelah mengamati kemajuan penjualan iklannya.[27]
Pengunjung YouTube rata-rata menghabiskan 15 menit sehari untuk
menonton video di sana, berbeda dengan 4-5 jam sehari yang dihabiskan
warga Amerika Serikat biasa untuk menonton televisi.[20]
YouTube menjajaki kerja sama pemasaran dan periklanan dengan NBC pada bulan Juni 2006.[28] Bulan November 2008, YouTube membuat persetujuan dengan MGM, Lions Gate Entertainment, dan CBS,
yang mengizinkan mereka mengunggah film dan episode televisi berdurasi
penuh ke situs ini, disertai kotak iklan khusus penonton AS yang diberi
nama "Shows". Tindakan ini bertujuan menciptakan persaingan dengan situs
web seperti Hulu, yang menyimpan material tayangan dari NBC, Fox, dan Disney.[29][30]
Bulan November 2009, YouTube meluncurkan "Shows" untuk penonton
Britania Raya dan menawarkan sekitar 4.000 acara berdurasi penuh dari 60
mitranya.[31] Pada Januari 2010, YouTube memperkenalkan layanan sewa film daring,[32] yang saat ini hanya tersedia untuk pengguna di kawasan Amerika Serikat, Kanada, dan Britania Raya.[33][34] Layanan ini menawarkan lebih dari 6.000 film.[35]
Kantor pusat YouTube saat ini di
San Bruno, California
Pada bulan Maret 2010, YouTube mulai menyiarkan konten tertentu secara gratis, termasuk 60 pertandingan kriket Indian Premier League. Menurut YouTube, ini merupakan siaran acara olahraga besar via Internet pertama di dunia yang bersifat gratis.[36]
Pada tanggal 31 Maret 2010, YouTube meluncurkan desain situs baru
dengan tujuan menyederhanakan antarmuka dan meningkatkan waktu yang
dihabiskan pengguna di situs ini. Manajer Produk Google Shiva Rajaraman
berkomentar: "Kami merasa perlu mundur sedikit dan membereskan
segalanya."[37]
Pada bulan Mei 2010, YouTube dilaporkan melayani lebih dari dua miliar
video per hari, jumlah yang dianggap "nyaris dua kali lipat penonton
primetime di ketiga jaringan televisi terbesar Amerika Serikat".[38] Pada Mei 2011, YouTube melaporkan di blog perusahaannya bahwa situs ini menerima lebih dari tiga miliar kunjungan per hari.[18] Bulan Januari 2012, YouTube menyatakan bahwa jumlah tersebut naik menjadi empat miliar per hari.[17]
Bulan Oktober 2010, Hurley menyatakan akan mengundurkan diri dari jabatan CEO YouTube dan menjadi penasihat perusahaan. Salar Kamangar akan mengambil alih kendali perusahaan ini.[39]
Pada bulan April 2011, James Zern, seorang teknisi perangkat lunak
YouTube, mengungkapkan bahwa 30 persen video di YouTube mewakili 99
persen kunjungan ke situs ini.[40]
Pada November 2011, jejaring sosial Google+ terintegrasi langsung dengan YouTube dan penjelajah web Chrome, sehingga video-video YouTube bisa ditonton di Google+.[41]
Bulan Desember 2011, YouTube meluncurkan antarmuka baru. Kanal video
ditampilkan di kolom tengah halaman utama, sama seperti umpan berita
situs-situs jejaring sosial.[42]
Pada saat yang sama, versi baru logo YouTube dipasang dengan bayangan
merah yang lebih gelap. Inilah perubahan desain pertama mereka sejak
Oktober 2006.[43]
Menonton video-video YouTube di komputer pribadi membutuhkan plug-in Adobe Flash Player yang terpasang di penjelajah web.
Plug-in Adobe Flash Player adalah bagian perangkat lunak yang paling
lazim terpasang di komputer pribadi dan mencakup 75% video di Internet.[44]
Pada bulan Januari 2010, YouTube meluncurkan versi uji coba yang
memanfaatkan kemampuan multimedia tertanam di penjelajah web yang
mendukung standar HTML5.[45] Hal ini memungkinkan video ditonton tanpa Adobe Flash Player atau plug-in lain.[46][47]
Situs YouTube memiliki halaman yang memungkinkan penjelajah web beralih
ke uji coba HTML5. Hanya penjelajah yang mendukung video HTML5 dengan
format H.264 atau WebM yang dapat memutar video dan tidak semua video di YouTube dapat diputar.[48][49]
Pengunggahan
Semua pengguna YouTube dapat mengunggah video dengan batas durasi
masing-masing 15 menit. Pengguna yang memiliki jejak rekam baik dengan
mematuhi Panduan Komunitas YouTube diizinkan mengunggah video berdurasi
12 jam, tetapi akunnya perlu diverifikasi (biasanya melalui telepon
genggam).[50]
Saat YouTube diluncurkan tahun 2005, pengguna bisa saja mengunggah
video panjang, tetapi batas 10 menit diberlakukan pada Maret 2006
setelah YouTube menemukan bahwa kebanyakan video yang melebihi panjang
tersebut berupa acara televisi dan film yang tidak diizinkan.[51][52] Batas 10 Menit Tersebut Ditambah Menjadi 15 Menit Pada Bulan Juli 2010[53] Ukuran berkas dibatasi hingga 2 GB untuk unggahan dari situs web YouTube atau 20 GB jika pengguna memakai penjelajah versi terbaru.[54]
YouTube menerima video yang diunggah dengan sebagian besar format kontainer, termasuk .AVI, .MKV, .MOV, .MP4, DivX, .FLV, dan .ogg dan .ogv. Format video seperti MPEG-4, MPEG, VOB, dan .WMV juga dapat diunggah. YouTube mendukung 3GP, sehingga video bisa diunggah dari telepon genggam.[55] Video dengan pindai progresif atau terikat bisa diunggah, tetapi untuk kualitas video terbaik, YouTube menyarankan agar video pindai terikat di-deinterlace sebelum diunggah. Semua format video di YouTube memakai pemindaian progresif.[56]
Kualitas dan codec
YouTube awalnya menawarkan video dengan satu level kualitas, yaitu resolusi 320x240 piksel dengan codec Sorenson Spark (varian dari H.263),[57][58] dengan audio MP3 mono.[59] Pada bulan Juni 2007, YouTube menambahkan opsi menonton video berformat 3GP di telepon genggam.[60] Bulan Maret 2008, mode kualitas tinggi ditambahkan hingga resolusi 480x360 piksel.[61] Bulan November 2008, mode HD 720p ditambahkan. Saat peluncuran 720p, pemutar YouTube diganti rasio aspeknya dari 4:3 menjadi layar lebar 16:9.[62] Dengan fitur baru ini, YouTube mulai mengalihkan format kompresi video bakunya ke H.264/MPEG-4 AVC. Pada bulan November 2009, mode HD 1080p ditambahkan. Bulan Juli 2010, YouTube mengumumkan bawha mereka telah meluncurkan serangkaian video berformat 4K, sehingga batas resolusinya naik hingga 4096x3072 piksel.[63][64] Akan tetapi, per 2012 batas ini diturunkan menjadi 2048 x 1536.
Video-video YouTube tersedia dalam beragam level kualitas. Nama
kualitas standar (SQ), kualitas tinggi (HQ), dan definisi tinggi (HD)
sudah diganti dengan angka-angka yang mewakili resolusi vertikal video.
Aliran video bakunya menggunakan format H.264/MPEG-4 AVC dengan audio AAC stereo.[65]
Non-DASH
5 |
FLV |
240p |
Sorenson H.263 |
N/A |
0.25 |
MP3 |
64 |
6 |
FLV |
270p |
Sorenson H.263 |
N/A |
0.8 |
MP3 |
64 |
13 |
3GP |
N/A |
MPEG-4 Visual |
N/A |
0.5 |
AAC |
N/A |
17 |
3GP |
144p |
MPEG-4 Visual |
Simple |
0.05 |
AAC |
24 |
18 |
MP4 |
360p |
H.264 |
Baseline |
0.5 |
AAC |
96 |
22 |
MP4 |
720p |
H.264 |
High |
2-3 |
AAC |
192 |
34 |
FLV |
360p |
H.264 |
Main |
0.5 |
AAC |
128 |
35 |
FLV |
480p |
H.264 |
Main |
0.8-1 |
AAC |
128 |
36 |
3GP |
240p |
MPEG-4 Visual |
Simple |
0.175 |
AAC |
36 |
37 |
MP4 |
1080p |
H.264 |
High |
3–5.9 |
AAC |
192 |
38 |
MP4 |
3072p |
H.264 |
High |
3.5-5 |
AAC |
192 |
43 |
WebM |
360p |
VP8 |
N/A |
0.5 |
Vorbis |
128 |
44 |
WebM |
480p |
VP8 |
N/A |
1 |
Vorbis |
128 |
45 |
WebM |
720p |
VP8 |
N/A |
2 |
Vorbis |
192 |
46 |
WebM |
1080p |
VP8 |
N/A |
N/A |
Vorbis |
192 |
82 |
MP4 |
360p |
H.264 |
3D |
0.5 |
AAC |
96 |
83 |
MP4 |
240p |
H.264 |
3D |
0.5 |
AAC |
96 |
84 |
MP4 |
720p |
H.264 |
3D |
2-3 |
AAC |
192 |
85 |
MP4 |
1080p |
H.264 |
3D |
3-4 |
AAC |
192 |
100 |
WebM |
360p |
VP8 |
3D |
N/A |
Vorbis |
128 |
101 |
WebM |
360p |
VP8 |
3D |
N/A |
Vorbis |
192 |
102 |
WebM |
720p |
VP8 |
3D |
N/A |
Vorbis |
192 |
DASH (hanya video)
133 |
MP4 |
240p |
H.264 |
Main |
0.2-0.3 |
134 |
MP4 |
360p |
H.264 |
Main |
0.3-0.4 |
135 |
MP4 |
480p |
H.264 |
Main |
0.5-1 |
136 |
MP4 |
720p |
H.264 |
Main |
1-1.5 |
137 |
MP4 |
1080p |
H.264 |
High |
2-3 |
160 |
MP4 |
144p |
H.264 |
Main |
0.1 |
264 |
MP4 |
1440p |
H.264 |
High |
4-5 |
DASH (hanya audio)
139 |
MP4 |
AAC |
48 |
140 |
MP4 |
AAC |
128 |
141 |
MP4 |
AAC |
256 |
171 |
WebM |
Vorbis |
128 |
172 |
WebM |
Vorbis |
192 |
Live streaming
92 |
TS |
240p |
H.264 |
Main |
0.15-0.3 |
AAC |
48 |
93 |
TS |
360p |
H.264 |
Main |
0.5-1 |
AAC |
128 |
94 |
TS |
480p |
H.264 |
Main |
0.8-1.25 |
AAC |
128 |
95 |
TS |
720p |
H.264 |
Main |
1.5-3 |
AAC |
256 |
96 |
TS |
1080p |
H.264 |
High |
2.5-6 |
AAC |
256 |
120[3] |
FLV |
720p |
H.264 |
Main@L3.1 |
2 |
AAC |
128 |
127[4] |
TS |
N/A |
N/A |
N/A |
N/A |
AAC |
96 |
128[4] |
TS |
N/A |
N/A |
N/A |
N/A |
AAC |
96 |
132 |
TS |
240p |
H.264 |
Baseline |
0.15-0.2 |
AAC |
48 |
151 |
TS |
72p |
H.264 |
Baseline |
0.05 |
AAC |
24 |
Keterangan:
|
Dihentikan |
|
Masih tersedia |
^[1] itag
is an undocumented parameter used internally by YouTube to
differentiate between quality profiles. Until December 2010, there was
also a URL parameter known as fmt that allowed a user to force a profile using itag codes.
^[2] Approximate values based on statistical data; actual bitrate can be higher or lower due to variable encoding rate.
^[3] Has metadata referring to "Elemental Technologies Live".
^[4] Used as alternate audio tracks.[66][67][68][69][70]
^1 itag
is an undocumented parameter used internally by YouTube to
differentiate between quality profiles. Until December 2010, there was
also a URL parameter known as fmt that allowed a user to force a profile using itag codes.
^2 Approximate values based on statistical data; actual bitrate can be higher or lower due to variable encoding rate.
^3 itag 120 is for live streaming and has metadata referring to "Elemental Technologies Live".
[71][72][73][74]
Video 3D
Dalam sebuah video yang diunggah tanggal 21 Juli 2009,[75] teknisi perangkat lunak YouTube Peter Bradshaw mengumumkan bahwa pengguna YouTube sekarang bisa mengunggah video 3D. Video jenis ini dapat ditonton dengan beberapa cara, termasuk metode anaglif (lensa sian/merah) yang membutuhkan kacamata khusus untuk mendapatkan efek 3D-nya.[76][77][78] Flash
Player YouTube bisa menampilkan konten stereoskop dengan pola baris,
kolom, atau papan catur, samping-sampingan atau anaglif dengan kombinasi
merah/sian, hijau/magenta, atau biru/kuning. Pada Mei 2011, pemutar
YouTube versi HTML5 mulai mendukung rekaman 3D samping-sampingan yang kompatibel dengan Nvidia 3D Vision.[79]
Keteraksesan konten
YouTube menawarkan kemampuan menonton video di situs luar. Setiap video YouTube memiliki kode HTML yang bisa ditanamkan di situs manapun di Internet. Fungsi ini sering dipakai untuk memasang video YouTube di halaman jejaring sosial dan blog.[80] Pemasangan video, fitur peringkat, dan komentar dapat dinonaktifkan oleh pemilik video.
YouTube jarang menaruh tautan unduh di video-videonya agar ditonton melalui situs webnya saja.[81] Sejumlah video, seperti pidato mingguan Presiden Barack Obama, dapat diunduh dalam bentuk MP4.[82] Banyak sekali situs web, aplikasi, dan plug-in pihak ketiga yang memungkinkan pengguna mengunduh video-video YouTube.[83]
Pada Februari 2009, YouTube melunrukan layanan uji coba yang
mengizinkan beberapa mitra menaruh tautan unduh secara gratis atau
berbayar melalui Google Checkout.[84] Pengaturan baku saat mengunggah video ke YouTube adalah pengunggah akan tetap memegang hak cipta video tersebut, namun sejak Juli 2012 pengunggah bisa memilih lisensi Creative Commons sebagai lisensi bakunya. Lisensi ini membolehkan pengguna lain memakai dan mencampur aduk videonya jika bebas dari hak cipta.[85]
Platform
Beberapa telepon pintar dapat mengakses video YouTube, tergantung penyedia dan data plan-nya. YouTube Mobile diluncurkan pada bulan Juni 2007 dengan protokol RTSP.[86] Tidak semua video YouTube tersedia di situs versi telepon genggam.[87]
Sejak Juni 2007, video-video YouTube dapat ditonton di produk-produk Apple. Konten YouTube harus ditranskode ke standar video Apple, H.264, selama beberapa bulan. Video YouTube dapat ditonton di Apple TV, iPod Touch, dan iPhone.[88] Pada Juli 2010, YouTube versi perangkat bergerak diluncurkan kembali dengan arsitektur HTML5, sehingga tidak perlu memakai Adobe Flash Player dan dapat dijelajahi dengan kontrol layar sentuh.[89] Versi perangkat bergerak ini juga tersedia dalam bentuk aplikasi untuk platform Android.[90][91]
Pada bulan September 2012, YouTube meluncurkan aplikasi pertamanya di
iPhone, setelah Apple menghapus YouTube dari aplikasi bawaannya di
iPhone 5 dan sistem operasi iOS 6.[92]
Pemutakhiran layanan TiVo bulan Juli 2008 memungkinkan sistemnya mencari dan memutar video-video YouTube.[93]
Pada bulan Januari 2009, YouTube meluncurkan "YouTube for TV", versi
situs yang dirancang untuk televisi dan perangkat media berbasis TV lain
yang memiliki penjelajah web. YouTube for TV awalnya hanya bisa
ditonton di konsol permainan video PlayStation 3 dan Wii.[94][95] Bulan Juni 2009, YouTube XL diluncurkan dengan antarmuka sederhana yang dirancang untuk ditonton di layar televisi standar.[96] YouTube juga tersedia di Xbox Live.[97] Tanggal 15 November 2012, Google meluncurkan aplikasi resmi untuk Wii, sehingga pengguna bisa menonton video YouTube dari saluran Wii.[98] Aplikasi ini juga tersedia id Wii U dan videonya bisa ditonton di Wii U Internet Browser menggunakan HTML5.[99]
Lokalisasi
Pada tanggal 19 Juni 2007, CEO Google Eric Schmidt berada di Paris untuk meluncurkan sistem lokalisasi baru.[100] Antarmuka situs web ini tersedia dalam versi lokal di 42 negara, satu teritori (Hong Kong) dan versi global.[101][102]
Antarmuka YouTube menyarankan versi lokal mana yang dipakai sesuai alamat IP
pengguna. Kadang-kadang, pesan "Video ini tidak tersedia untuk negara
Anda" muncul karena batasan hak cipta atau konten tidak pantas.[135]
Antarmuka situs YouTube tersedia dalam 54 bahasa berbeda, termasuk Katalan, Denmark, Finlandia, Yunani, Hongaria, Norwegia, dan Slovenia, yang tidak memiliki versi kanal lokal.[3]
Akses ke YouTube diblokir di Turki antara tahun 2008 dan 2010 setelah muncul kontroversi akibat pengunggahan video yang dianggap menghina Mustafa Kemal Atatürk dan ofensif terhadap umat Islam.[136][137] Pada Oktober 2012, YouTube versi lokal diluncurkan di Turki dengan domain youtube.com.tr
. Versi lokal ini mematuhi peraturan konten yang tercantum di hukum Turki.[138]
Pada bulan Maret 2009, sengketa antara YouTube dan agen koleksi kerajaan Britania Raya PRS for Music
mengakibatkan video-video musik premium diblokir untuk pengguna di
Britania. Penghapusan video yang diunggah oleh sejumlah perusahaan
rekaman besar terjadi setelah mereka gagal menyepakati persetujuan
lisensi. Sengketa ini selesai pada September 2009.[139] Bulan April 2009, sengketa serupa berujung pada penghapusan video musik premium untuk pengguna di Jerman.[
Belum ada tanggapan untuk "4 SITUS WEB PALING POPULER"
Posting Komentar